Wisata Setigi Sekapuk, Bekas Tambang Yang Jadi Wisata Andalan Di Gresik

Dalam beberapa waktu terakhir ini sering kita temui lokasi tambang yang disulap menjadi destinasi wisata. Sebut saja seperti bukit jadih di madura, tebing breksi di jogja, bukit godzilla di tangerang dan yang terbaru adalah wisata setigi di Sekapuk, Gresik. Tak hanya menyutuhkan keindahan alam saja namun disini kamu bakal menjumpai berbagai macam bangunan dari yang diadopsi dari peradapan seluruh dunia. 

Tempat wisata setigi sekapuk dulunya merupakan tempat untuk menambang batu kapur. Namun sejak tahun 2003 kegiatan penambangan batu berhenti. Lokasinyapun terbengkalai bahkan jadi tempat untuk membuang sampah. Menyusul populernya temat wisata bekas tambang kapur diberbagai daerah, akhirnya tempat inipun mulai dipoles dan diubah menjadi destinasi wisata yang keren.

Wisata Setigi Sekapuk
 

Penamaan setigi merupakan singkatan dari gabungan 3 kata yakni selo tirto, giri. Dalam bahasa jawa kuno selo berarti batu, tirto berarti air dan giri berupa gunung. Ketiganya menggambarkan topografi dari kawasan tersebut. Perbukitan kapur bekas penambangan yang terlihat cukup unik menjadi sajian utamanya. Tak hanya itu saja, kini wisata setigi sudah dipoles menjadi wisata yang keren dengan berbagai macam fasilitas dan wahana. Konsepnya sendiri adalah peradaban dunia yang meliputi kastil bergaya eropa, jembatan peradaban, masjid bergaya persia hingga bangunan dengan arsitektur nusantara.

Luas area setigi mencapai 5 hektar, ada banyak spot spot yang bisa dijadikan tempat untuk hunting foto. Selain itu, terdapat pula fasitas seperti food corner, camping ground, pancuran, ATV, tail mini, gazebo, kolam renang, dll. 

Setelah beberapa bulan tutup akibat pandemi, akhirnya mulai 6 juni 2020 wisata setigi gresik kembali dibuka. Adapun harga tiket masuknya adaah Rp 15.ribu pengunjung dewasa dan Rp 10 ribu untuk pengunjung anak anak. 

Lokasi wisata setigi terletak di kampung slolok, desa sekapuk, ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur.Berjarak sekitar 34 km dari pusat kota. Tak perlu khawatir, lokasinya juga sudah tersedia di google maps. 

referensi: travelandword.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Menginap Di Villa Aman Disini Sentul Bogor

5 Tempat Wisata Di Takengon Paling Hits