Jumat, 13 Oktober 2017

Mengenal Lebih Dekat Sang Mahaguru Merapi di Museum Gunung Api Merapi



Beridir artistik dengan latar belakang agungnya gunung merapi, museum 2 lantai yang telah diresmikan tahun 2010 silam ini kini menjadi salah satu objek wisata menarik yang ada di Hargobinangun, Sleman. Bentuk bangunannya sangat unik, berbentuk sebuah trapesium dengan salah satu sisi puncaknya mengerucut mirip segitiga. Saat hari cerah dan gunung merapi tidak tertutupi awan, maka keduanya terlihat begitu gagah.

 
Saat Anda memasuki museum, ada sebuah replika sebaran awan panas dari ketiga bua letusan gunung merapi, yaitu di tahun 1969, 1994, dan juga 2006, akan segera menyambut para pengunjungnya. Alat ini yang nantinya akan membuat seluruh ruanan bergemuruh.
Hanya dengan menekan salah satu tombolnya saja, maka sebaran awan panas serta aliran lava pijar akan tampak menyerupai kejadian di waktu itu. Terbanyang kan betapa dahsyatnya gejolak gunung api tersebut tiap kali meletus?

Beragam koleksi dan zaman ke zaman di museum gunung api merapi
Menjelajahi ruangan lainnya, Anda akan mendapati display tipe letusan gunung api, berbatuan dari gunung merapi sejak tahun 1930, koleksi benar sisa letusan, hingga dengan koleksi foto gunung merapi dari zaman ke zaman. 

Bahkan tidak hanya itu saja, panel-panel ilustrasi dengan gambar kartun juga bisa Anda jumpai dan pastinya ramah bagi anak-anak. Dari sekian banyaknya koleksi benda yang ada, salah satu yang paling menarik adalah batu bom.

Batu ini sepintas tampak seperti baru biasa dengan bentuk yang tidak beraturan, akan tetapi siapa sangka, jika bantu ini merupakan rupa lain dari lava pijar yang bersuhu 700 hingga 1.200 derajat celcius, yang kemudian terlempar keudara serta mengalami proses pendinginan cepat, sebelum sampai ke permukaan bumi.

Setelah Anda puas mengamati setiap lokeksi yang ada di lantai satu, saatnya Anda menelik apa yang ada di lantai duanya. Setidaknya ada sekitar sembilan tipe benda koleksi serta alat peraga yang tersimpan di sana.

Yang mana masing-masing dari koleksi tersebut telah berhasil menarik perhatian tiap pengunjung, apalagi koleksi alat peraga yang ada masih berfungsi yang sangat baik. Jadi, jangan heran jika tiap pengunjung bisa melihat tsunami dan juga gempa bumi mini yang dahsyat tapi tidak membahayakan.
Itulah tadi seputar museum gunung api merapi yang bisa kami informasikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar